BLOGGER TEMPLATES AND IMVU Layouts »

Senin, 10 Januari 2011

PENGERTIAN : FTP GOPHER DAN TELNET

FTP adalah...

FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.

Cara kerja  protokol FTP

FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.

FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.

gopher

protokol Gopher / ɡoʊfər / adalah TCP / IP Application layer protokol yang didesain untuk mendistribusikan, mencari, dan mengambil dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain menu-dokumen, protokol Gopher adalah pendahulu dari (dan kemudian, sebuah alternatif untuk) World Wide Web.

protokol ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. teks antarmuka menu adalah cocok untuk lingkungan komputasi yang sangat bergantung pada remote terminal komputer berorientasi teks, yang masih umum pada waktu penciptaan pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang memfasilitasi berbagai implementasi klien.

Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web pada tahun-tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan populasi kecil dari server aktif-tetap dipertahankan.
Isi
Asal-usul

Sistem Gopher yang asli dirilis pada akhir musim semi tahun 1991 oleh Mark McCahill, Farhad Anklesaria, Paul Lindner, Daniel Torrey, Adam Huminsky, dan Bob Alberti dari University of Minnesota. tujuan utamanya adalah, sebagaimana tercantum dalam RFC 1436:

* Sebuah pengaturan hirarki file-seperti yang akan akrab bagi pengguna
* Sebuah sintaks sederhana
* Sebuah sistem yang dapat dibuat dengan cepat dan murah
* Memperluas metafora sistem file, seperti pencarian

Gopher menggabungkan hirarki dokumen dengan koleksi layanan, termasuk WAIS, yang Archie dan Veronica search engine, dan gateway ke sistem informasi lain seperti FTP dan Usenet.

Kepentingan umum di Kampus-Wide Sistem Informasi (CWISs) [1] di pendidikan tinggi pada waktu itu, dan kemudahan dengan server gopher yang dapat dibentuk untuk menciptakan CWIS instan dengan link ke direktori online situs lain dan sumber daya yang faktor yang berkontribusi terhadap adopsi cepat Gopher's. Pada tahun 1992, metode standar menemukan alamat e-mail seseorang adalah menemukan CCSO nameserver organisasi mereka masuk dalam Gopher, dan query nameserver. [2]

Berbagai asal mungkin nama. Maskot University of Minnesota gopher tersebut, [3] pesuruh (suara yang sama) adalah asisten yang "berlaku untuk" hal-hal, dan gopher sebuah liang melalui tanah untuk mencapai lokasi yang diinginkan.
Stagnasi

World Wide Web ini dalam masa pertumbuhan pada tahun 1991, dan Gopher layanan cepat menjadi mapan. Pada akhir 1990-an, Gopher telah banyak dihentikan berkembang. Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap stagnasi Gopher's:

* Pada bulan Februari 1993, University of Minnesota mengumumkan bahwa mereka akan mengenakan biaya lisensi untuk penggunaan implementasi dari server gopher. [4] Sebagai konsekuensi dari ini, beberapa pengguna khawatir bahwa biaya lisensi juga akan dikenakan biaya untuk independen implementasi. [5] [6] Sebaliknya, tidak ada pembatasan seperti yang pernah dikenakan pada World Wide Web. The University of Minnesota kemudian kembali lisensi software-nya Gopher di bawah GNU GPL. [7]
* Gopher fungsionalitas client dengan cepat diduplikasi oleh Web browser awal, seperti Mosaic, yang dimasukkan protokol sebagai bagian dari fungsi mereka.
* Gopher memiliki struktur yang lebih kaku dibandingkan dengan bentuk-bebas HTML dari Web. Dengan Gopher, setiap dokumen memiliki format yang ditetapkan dan jenis, dan menavigasi pengguna biasa melalui sistem menu tunggal server ditetapkan untuk sampai ke sebuah dokumen tertentu. Hal ini dapat sangat berbeda dari cara pengguna biasa mungkin dokumen melintasi di Web.

Beberapa berpendapat bahwa antarmuka yang sederhana bandwidth-hemat Gopher akan cocok untuk ponsel dan asisten digital pribadi (PDA), [22] namun sejauh ini, adaptasi mobile dari HTML dan XML dan konten disederhanakan lainnya telah terbukti lebih populer. Server PyGopherd menyediakan built-in WML-ujung depan ke situs Gopher dilayani dengan itu. Permohonan untuk Android 1.5 + [21] adalah pengembangan dan dirilis dalam tahap alpha [23] Seorang klien Java ME juga tersedia untuk perangkat yang kompatibel.. [24]
Lain klien Gopher

Gopher sedang pada puncaknya popularitas pada saat masih banyak sama-sama bersaing arsitektur komputer dan sistem operasi. Dengan demikian, ada beberapa klien Gopher tersedia untuk Acorn RISC OS, AmigaOS, Atari mint, CMS, DOS, klasik Mac OS, MVS, NeXT, OS / 2 Warp, UNIX-seperti sistem operasi, VMS, Windows 3.x, dan Windows 9x. GopherVR adalah klien dirancang untuk visualisasi 3D, dan bahkan ada klien Gopher objek MOO. Mayoritas klien ini sulit kode untuk bekerja pada port TCP 70.
[Sunting] Gopher ke gateway HTTP

Pengguna browser Web yang memiliki dukungan tidak lengkap atau tidak untuk Gopher dapat mengakses konten pada server Gopher melalui gateway server atau server proxy yang mengubah menu Gopher ke dalam HTML; proxy dikenal adalah Floodgap Umum Gopher proxy, Gopher Proxy, dan proxy WikkaGopher. Demikian pula, paket server tertentu seperti GN dan PyGopherd ada built-in Gopher untuk antarmuka HTTP.
Karakteristik Gopher

Sebagai bagian dari tujuan desain, fungsi Gopher dan muncul banyak seperti membaca mountable-only file system jaringan global (dan perangkat lunak, seperti gopherfs, tersedia yang benar-benar dapat me-mount server gopher sebagai sumber daya FUSE). Setidaknya, apa yang seseorang dapat lakukan dengan file data pada CD-ROM, mereka dapat lakukan pada Gopher.

Sebuah sistem Gopher terdiri dari serangkaian menu hyperlinkable hirarkis. Pilihan menu dan judul dikendalikan oleh administrator dari server.
Menu tingkat atas dari sebuah server Gopher. Memilih "Fun dan Permainan" menu item ...
... membawa pengguna ke "Fun and Games" menu.


Mirip dengan sebuah file di server Web, sebuah file di server gopher dapat dikaitkan sebagai item menu dari server Gopher lainnya. Banyak server mengambil keuntungan dari server-antar menghubungkan untuk menyediakan direktori server lain bahwa pengguna dapat mengakses.

Telnet

Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.

Apa itu telnet

Telnet adalah aplikasi remote login Internet. Telnet digunakan untuk login
ke komputer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum,
termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database. Telnet
memungkinkan pengguna untuk duduk didepan
komputer yang terkoneksi ke internet dan mengakses komputer lain yang juga
terkoneksi ke internet. Dengan kata lain koneksi dapat terjadi ke mesin lain
di satu ruangan, satu kampus, bahkan setiap komputer di seluruh dunia.
Setelah terkoneksi, input yang diberikan pada keyboard akan mengontrol
langsung ke remote computer tadi. Akan dapat diakses pelayanan apapun yang
disediakan oleh remote machine dan hasilnya ditampilkan pada terminal lokal.
Dapat dijalankan session interaktif normal (login, eksekusi command), atau
dapat diakses berbagai service seperti: melihat catalog dari sebuah
perpustakaan, akses ke teks dari USA today, dan masih banyak lagi service
yang disediakan oleh masing-masing host pada di network.

TELNET menggunakan 2 program, yang satu adalah client (telnet) dan server
(telnetd). Yang
terjadi adalah ada dua program yang berjalan, yaitu software client yang
dijalankan pada
komputer yang meminta pelayanan tersebut dan software server yang dijalankan
oleh komputer
yang menghasilkan pelayanan tadi

Tugas dari client adalah:
. Membuat koneksi network TCP (Transfer Control Protocol) dengan server.
. Menerima inputan dari user
. Menformat kembali inputan dari user kemudian mengubah dalam bentuk format
standard dan dikirim ke server.
. Menerima output dari server dalam format standard.
. Mengubah format output tadi untuk ditampilkan pada layar.
- Menginformasikan software jaringan bahwa komputer itu siap menerima
koneksi.
- Menunggu permintaan dalam bentuk format standard.
- Melaksanakan permintaan tersebut.
- Mengirim kembali hasil ke client dalam bentuk format standard.
- Menunggu permintaan selanjutnya..

Telnet menggunakan koneksi pada Port Destination=23. Untuk interaksi banyak
mesin maka dpat diganbarkan sebagai berikut :

Telnet adalah program yang memungkinkan komputer host Internet anda menjadi
terminal dari komputer host lain di Internet. Dengan ftp anda dapat membuka
koneksi hanya untuk mentransfer file. Telnet memungkinkan anda untuk login
sebagai pemakai pada komputer jarak
jauh dan menjalankan program layanan Internet yang disediakan oleh komputer
tersebut. Telnet menyediakan akses langsung ke beragam layanan di Internet.
Komputer host anda memang menyediakan beragam layanan, namun jika layanan
tersebut tidak ada, anda
bisa menggunakannya melalui Telnet. Misalnya ketika masyarakat Internet
menulis interface untuk membantu pengguna lain, Telnet memungkinkan anda
mengakses host mereka dan menggunakan interface yang mereka buat. Demikian
juga ketika seorang membuat layanan yang bermanfaat, Telnet memungkinkan
anda mengakses sumber daya informasi yang berharga ini.

Cara pengunaan Telnet

Cara penggunaan Telnet ini sangat mudah, anda ketik telnet diikuti dengan
alamat yang ingin anda hubungi bila menggunakan UNIX atau klik icon Telnet
di Windows kemudian pilih menu connect kemudian remote system.
Contoh :

1. Menggunakan UNIX
% telnet well.sf.ca.us
Trying 198.93.4.0…
Connected to well.sf.ca.us.
Escape character is '^]'.
Unix(r) System V Release 4.0 (well)
This is the WELL
Type newuser to sign up.
Type trouble if you are having trouble logging in.
Type guest to learn about the WELL.
If you already have a WELL account, type your username.
Login: |

Jika sudah tersambung berarti sudah berada di terminal pada komputer jarak
jauh tersebut dan bisa berinteraksi dengan program yang tersedia. Telnet
secara diam-diam ada di belakang layar saat anda berinteraksi dengan
komputer jarak jauh tersebut. Dalam kebanyakan kasus, perintah yang perlu
diketahui adalah perintah yang digunakan pada host jarak jauh. Host
kemungkinan menjalankan Unix, meskipun anda juga dapat menjumpai sistem
operasi lain pada server host seperti UMS atau Windows NT. Sebagian besar
sistem, terutama database, menawarkan menu. Apabila menu tidak tersedia,
maka lebih baik amati file bantu (help) yang tersedia. Dapat diketikan ?
atau help atau cukup h untuk mengamati apakah file bantu tersedia. Untuk
mengakhiri sesi Telnet ketik quit atau exit, pada beberapa sistem
menggunakan bye atau off. Bila menggunakan Windows tergantung program yang
digunakan misal WinTel, tinggal click pada Icon program yang bersangkutan

Contoh lain (dengan putty)
bisa menggunakan putty untuk telnet client yang bisa kamu download di
download.com
dan yara penggunaannya mudah

1. tinggal jalankan putty
2. masukan alamat server host
3. pilih telnet dengan default port 32
4. dan klik open
5. kemudian akan muncul halaman hitam dengan 1 cursor dan menu
bertuliskan login :
6. silahkan login dan anda akan masuk ke host yang di tuju

Contoh lain (command windows)
untuk contoh putty di windows command juga cukup mudah

1. masuk ke command windows (pilih start -> run -> ketikan cmd
kemudian enter)
2. di command window ketikan c:\telnet host_tujuan kemudian enter ,
contoh "c:\telnet 192.168.0.1"
3. kemudian ada tulisan : Welcome to Microsoft Telnet Client

Escape Character is 'CTRL+]'

You are about to send your password information to a remote computer
in Internet
zone. This might not be safe. Do you want to send anyway(y/n):
4. pilih saja "n" dan tekan enter
5. setelah itu akan muncul menu login "loginlah dengan acount anda"
6. selesai

0 komentar: